A Story of Mom, Wife, Daughter and Active Woman

Damar Aisyah's Blog di Tahun 2017 dan Mau Ngapain aja di 2018

|

Blogging


Halo Teman-teman. Apa kabar 2018? Karena ini postingan pertama di awal tahun. Bolehlah ya, BukNaj say hi dulu sebagai pemanasan, hehehe. Ceritanya kemarin liburannya terlalu lama. Akhirnya muncul kembali penyakit malas dan santai-santai unfaedah. Jadilah butuh BOOM yang akhirnya memaksa BukNaj segera menggelar laptop kembali. 

Mau tahu nggak BOOM-nya apaan? Hiks, sebenarnya ini lumayan tragis, karena DA saya turun 3 angka. Padahal saya baru saja melamar untuk sebuah pekerjaan. Dengan percaya diri, saya pun menuliskan angka DA sebelumnya. Begitu kemarin sore saya cek angkanya turun 3, berasa nyut-nyutan di kepala. Waduh, pengen pijat kening rasanya.

Blogging


Tapi ya sudahlah. Mau sampai kapan nangisin yang begituan. Sudah saatnya bangkit dan mengakhiri liburan ngeblog yang lumayan panjang. Ya, saya memang sengaja meliburkan diri dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya karena ingin meluruskan kembali niat awal ngeblog. Eciyeh, macam rambut saja rupanya, minta dilurusin. Hehehe.

Akhir tahun 2017 lalu saya merasa mulai nyeleweng dari niat awal ngeblog. Buktinya saya suka uring-uringan kalau enggak berhasil posting sesuai target. Masih suka ngarep menang lomba juga, padahal niatnya hanya uji nyali. Suka berburu job, padahal belum berniat memonetisasi blog. Nah, kan! Mulai ketahuan nyelewengnya sudah kemana-mana.

Baca cerita saya mendapatkan Invoice Pertama dari Ngeblog

But, anyway. Saya enggak munafik, ya. Banyak hal dalam dunia blogging ini yang memang sangat menarik dan menggiurkan. Mulai tawaran job, kenaikan PV, menang lomba sampai branding diri rasanya sangat sulit untuk saya tolak begitu saja. Hingga akhirnya rutinitas blogging yang harusnya untuk suka-suka, kadang-kadang kayak ada beban. Karena ada keinginan lebih dari sekedar menulis dan berbagi cerita.

Saya masih ingat betul, sejak awal saya berkomitmen menjadikan blog sebagai rumah kedua, rumah di dunia maya. Blog adalah tempat untuk mengasah keterampilan menulis, melenturkan gaya bertutur, menuangkan ide dan gagasan, juga mengumpulkan dokumentasi diri dan keluarga.


Eh, ternyata saya khilaf kebablasan. Habis gimana, ya. Khilaf itu biasanya enak, sih. Jadinya suka keterusan. Begitu sadar, akhirnya memutuskan untuk libur sementara. Sekedar untuk mengevaluasi diri dan memastikan kembali apa-apa yang ingin saya lakukan dengan aktivitas blogging di tahun 2018.



2017 yang Menguras Energi


Oke, kalau boleh jujur, 2017  itu sebenarnya sangat menguras tenaga. Selain fokus memperbaiki blog, mulai ganti TLD, ganti template, belajar ini dan itu. Saat itu saya masih terikat kontrak dengan portal perempuan Emakpintar.Asia yang sekarang telah berganti menjadi Emakpintar.Org. Di samping itu saya masih ikut beberapa proyek buku antologi, menerima pesanan artikel dan menulis untuk FP.

Blogging

Pertengahan tahun 2017 saya juga mulai mendapat tawaran job review, content placement dan yang paling sering itu buzzer. Menjelang akhir tahun semakin padat lagi, karena saya menerima job copywriting untuk satu akun instagram. Kebayang kan, mesti rutin bikin postingan setiap hari?  

Artikel review saya yang pertama: Ngemil Enak dan Sehat dengan Mola Granola

Tapi sebenarnya worth it banget, loh. Secara materi sih so pasti lah ya. Tapi enggak cuma itu, karena saya pun mendapatkan banyak pengalaman baru dan sangat berguna untuk menambah portofolio. 

Buat Teman-teman yang terbiasa bekerja dengan deadline, tentu saja hal seperti ini sangat mengasyikkan. Saya pun sebenarnya sangat menyukainya, karena challenging banget. Tapi rasanya terlalu menguras energi kalau dibarengi harus momong duo bocil dan PakNaj yang nggak mau istrinya begadang. Jadinya fix, 2018 gak boleh maruk lagi.

Maruk? Ya, saya sadar tahun lalu itu terlalu maruk. Hingga kadang kalau kecapekan saya malah jadi blank dan lemot akut. Duh, nggak lagi kerja model begini. Makanya selama liburan kemarin saya lebih banyak kontemplasi. Maunya apa sih, BukNaj nih?




2018 untuk Langkah yang Terukur dan Terarah



Blogging


Nah, begitu dapat BOOM di awal tahun yang akhirnya bikin liburan ngeblognya buyar. Saya pun mulai menentukan mau ngapai aja dengan Damar Aisyah's Blog di 2018 ini.

Mau DA naik 8 angka? Iya, karena baru saja saya turun 3. Artinya saya harus balikin yang 3 ditambah 5 lagi target saya.

Mau punya 1 postingan setiap hari? Belum sanggup kalau sekarang. Targetnya 12 postingan per bulan. Means, seminggu 3 postingan baru.

Mau ternak blog? Mungkin, khususnya untuk postingan tentang resensi. Tapi masih galau, karena resensi ini kasih sumbangan PV yang lumayan banget di blog damaraisyah.com

Mau ikut semua lomba? Enggak, tahun ini target saya maksimal 2 lomba  saja per bulan. Maksimal ya, bisa jadi hanya 1 lomba saja.

Mau rapihin blog? Ya, benar. Mau ngecek broken link, rapihin kategori postingan, update media kit.

Mau perbaiki kualitas konten? Ya, benar. Ini yang paling penting karena sejak awal niat ngeblog untuk berlatih menulis.

Mau ambil job? Ya, yang sekiranya saya mampu dan blog saya sudah pantas untuk menerimanya saja (tau dirilah.

Tapi yang paling penting, saya ingin lebih, lebih dan lebih enjoy lagi dalam ngeblog. Ingin lebih nyaman dalam menulis blog post. Enggak pengen dikejar deadline meskipun tetap membuat target jumlah postingan. Enggak pengen teriak-teriak sama anak gara-gara belum posting. Juga Enggak pengen berantem sama suami hanya karena harus begadang untuk kejar deadline. 


Blogging

Ya, intinya saya ingin mempersiapkan stamina yang lebih besar untuk bertahan di dunia blogging. Karena saya tahu dunia ini jika digeluti secara profesional juga penuh dengan persaingan. Makanya saya ingin lebih siap secara mental dan nyaman dalam berkarya.


Sudah semacam curhat aja postingan kali ini, hehehe. Mungkin langkah-langkah saya ini terkesan justru mengalami kemunduran. Sebenarnya enggak juga, sih. Karena saya paham betul situasi dan kondisi diri yang memang kurang cocok diajak lari kencang. Mendingan pelan-pelan tapi enggak sampai berhenti lagi. Amin.

Jadi, sekian rencana saya untuk 2018. Kalau Teman-teman, rencananya mau ngapain aja sama blognya? Yuk, share di komen, ya. Happy Blogging!
7 comments on "Damar Aisyah's Blog di Tahun 2017 dan Mau Ngapain aja di 2018"
  1. Suka deh sama blog postnya. Btw toss mbak, 2017 rasanya melelahkan sekali bagiku huhu

    ReplyDelete
  2. Kereeen ya blognya udah menghasilkan uang...cwmunguuut Mba

    ReplyDelete
  3. Hihi aku juga berharap banyak job cz busui butuh refreshing juga hihi biar hobi yang dibayar btw kalo lomba endorse mau kalo mesti beli2 udah males shay

    ReplyDelete
  4. Kalau saya mau merampingkan blog Mbak..
    Kayaknya sudah over weight nih label nya..Tapi mau ternak blog kok ya mikir ya...hahaha..Kuatir nggak keurus soalnya sudah banyaak yang musti diurus #halah
    Pokoknya mau lebih fokus ke 2-3 tema besar saja...Atau satu yaaa. Hmmm..lihat sajalah..:D

    ReplyDelete
  5. Mbak Damar keren sekali
    Saya masih minim tentang ilmu Blogging seminggu sekali ngeblog aja belum tentu. Bisa terlaksana

    ReplyDelete
  6. kalo aku niatan aku pengen lebih konsisten nulis aja mbak, soalnya kayanya akhir2 ini lagi stuck ide.. hehehe. :p

    sukur2 bisa sekalian monetize juga, tapi ga mau terlalu ambisius takut kecewa! :g

    ReplyDelete
  7. 2018 ini aku lagi pengen memperbaiki blog, kayaknya ada banyak komentar spam, pengen dibersihin, dan haousin link link keluar dan sudah lama. Biar blog jadi sehat.

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Semoga bermanfaat. ^-^

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post Signature