Parenting, Family Traveling, Woman Story

Jakarta Punya Gawe, Dukung Bersama Asian Games 2018

|

Dukung bersama asian games 2018
www.damaraisyah.com

Hampir satu tahun setelah hitung mundur (countdown) Asian Games 2018 digelar di Monas pada 18 Agustus 2017 lalu. Ibarat calon pengantin, saat ini Indonesia sedang menghitung hari, menanti saat-saat mendebarkan ketika Opening Ceremony Asian Games akan digelar pada 18 Agustus tahun ini.

Bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Indonesia akan mengukir sejarah baru sebagai penyelenggara  pesta olahraga terbesar setelah Olimpiade,  yaitu Asian Games yang dihelat di negeri ini untuk yang kedua kalinya Yang tentunya akan sangat berbeda dengan penyelenggaraan Asian Games pada tahun 1962.

Sebagai Ibu Kota negara, sudah selayaknya jika Jakarta gupuh mempersiapkan segala hal untuk mendukung kelancaran event ini. Maka tak perlu heran jika kebetulan teman-teman lewat atau singgah sebentar di Jakarta, kemudian merasakan euforia Energy of Asia di berbagai penjuru kota ini. Karena untuk gawe-nya kali ini, Jakarta nggak tanggung-tanggung dalam memberikan dukungannya. Dan segera saja euforia itu mewabah hingga ke gang-gang sempit di Kota Megapolitan ini.


Persiapan Asian Games 2018


Seperti yang kita ketahui, 40 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam Asian Games 2018 pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 nanti.  Mengambil beberapa venue di 2 kota besar di negeri ini, yaitu Jakarta dan Palembang. INASGOC yang merupakan panitia khusus yang ditunjuk pemerintah Indonesia untuk mempersiapkan Asian games 2018 telah mulai bekerja sejak tahun 2016 lalu.

Tak hanya pembangunan fisik dan perencanaan acara yang terus dikebut. INASGOC bahkan telah merekrut sekitar 15.000 relawan untuk mensukseskan pre-event yang satu per satu telah diselenggarakan dengan penuh gegap gempita. Dan tentu saja main event yang menjadi "gong" atau puncak acara yang telah dipersiapkan selama 2 tahun ini.


Dari Jakarta Dukung Bersama Asian Games 2018




Dukung bersama asian games 2018
www.damaraisyah.com

Masih jelas dalam ingatan kita saat Countdown Asian Games 2018 digelar baik di Jakarta maupun di Palembang. Acara yang dihelat pada malam 18 Agustus satu tahun yang lalu tersebut sangat meriah dan menjadi sorotan, khususnya untuk panggung utama yang mengambil lokasi di pelataran Monas.

Malam hitung mundur yang dimulai pada pukul 19.00 tersebut berhasil menyedot perhatian masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Acara yang dimeriahkan oleh beberapa artis dalam maupun luar negeri tersebut hanyalah satu dari serangkaian antusiasme masyarakat Jakarta dalam menunjukkan dukungannya atas perhelatan bergengsi ini.

Sebagai warga Jakarta, saya akui atmosfir Asian Games 2018  terasa sangat kental sejak beberapa bulan yang lalu. Memang tidak mengherakan, karena hampir sebagian besar pre-event maupun main event nantinya akan mengambil lokasi di kota ini. 

Untuk itu, Jakarta yang sebentar lagi punya gawe gede-gedean terus berbenah. Pemerintah bersama-sama dengan masyarakatnya bersatu padu, bekerjasama untuk dukung bersama Asian Games 2018 dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

Parade 100 Hari Menuju Asian Games


Demam Asian Games 2018 mulai bergerak menuju puncaknya saat Parade 100 Hari Menuju Asian games digelar di kawasan Monas. Parade yang diikuti sekitar 4000 instansi tersebut dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan dihadiri Gubernur maupun Wakil Gubernur Jakarta tersebut merupakan bentuk dukungan Jakarta untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat turut serta mensukseskan laga persahabatan internasional tersebut.


Perbaikan Infrastruktur dan Penataan Ruang Kota Jakarta

 

Di samping pre-event yang terus digelar untuk menebarkan semangat Energy of Asia, persiapan infrastruktur merupakan hal yang tak kalah menjadi prioritas. Stadion Gelora Bung Karno yang menjadi venue utama dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 terus dikebut pengerjaannya. Begitu pun halnya dengan venue di Palembang. Keduanya hampir 99% siap untuk digunakan pada bulan Agustus mendatang.


Dukung bersama asian games 2018
Salah satu area di  Stadion GBK yang masih dalam tahap persiapan.


Bagaimana dengan Jakarta? Sudah pasti Ibu Kota tak mau kalah memberikan sumbangsihnya dalam bentuk perbaikan infrastruktur kota. Selain penyediaan infrastruktur baru, Pemprov Jakarta terus melakukan perbaikan dan penataan guna kerapian, kebersihan dan keindahan kota.

Trotoar-trotoar di sepanjang jalan Thamrin hingga Sudirman misalnya. Saat ini daerah yang diperkirakan akan menjadi lokasi penumpukan massa tersebut terus dikebut untuk dirapikan. Harapannya sepanjang jalan Sudirman hingga Thamrin akan rapi dan rata sehingga bisa dilalui selama Asian Games 2018 dilaksanakan.

Sedangkan fokus utama tentu saja penataan wilayah Senayan yang akan menjadi lokasi utama perhelatan acara. Salah satunya dengan menertibkan Pedagang Kaki Lima yang biasa mangkal di wilayah-wilayah tersebut. Tak ketinggalan penataan di sekitar wilayah Wisma Atlet di daerah Kebayoran.


Pasukan Oranye Disiagakan



Nah, kalau ngomongin kebersihan, kerapian, penataan dan memperindah kota Jakarta. Maka  Pasukan Oranye-lah yang berjasa besar dalam terwujudnya itu semua. Dan kabar gembiranya, selama Asian games dilangsungkan sekitar 1.000 personil Pasukan Oranye akan disiagakan di jalur-jalur yang nantinya dilalui para atlet. Begitu pula di daerah-daerah yang menjadikan tujuan bagi pendatang.

Dukung bersama asian games 2018
Gambar via liputan6.com


Kebijakan Rekayasa lalu-lintas



Masalah lalu lintas juga tak luput menjadi prioritas. Jakarta yang tak pernah absen dari kemacetan rupanya tak mau hal serupa terjadi pada 18 Agustus hingga 2 September nanti. Kebijakan rekayasa lalu-lintas pun dilakukan sebagai salah satu solusi untuk mengurai kemacetan yang sudah terlalu kusut di Ibu Kota ini.

Adapun kebijakan rekayasa lalu-lintas itupun dibuat dalam 3 paket yang meliputi: 
  1. Manajemen Rekayasa Lalu lintas (MRLL) yaitu dengan diberlakukannya perluasan sistem ganjil genap di jalan arteri DKI Jakarta.RekayasaLalu-lintas (MRLL), Penyediaan Angkutan Umum, dan Pembatasan Lalu Lintas Angkutan Barang (gol III, IV dan V)
  2. Penyediaan angkutan umum untuk warga. Termasuk di dalamnya penyediaan shuttle bus dari beberapa titik yang tidak terjangkau halte Transjakarta.
  3. Pembatasan lalu-lintas angkutan barang golongan III, IV dan V
Saya pribadi sebagai warga Jakarta sangat berharap kebijakan rekayasa lalu-lintas ini dapat mengurai kemacetan. Sehingga kami pun lebih semangat untuk datang ke arena pertandingan dan memberikan dukungan secara langsung pada atlet kita, tanpa perlu bermalas-malasan karena khawatir terjebak macet di jalanan.


Persiapan Armada Bus TransJakarta



Selama Asian Games dihelat, TransJakarta yang merupakan salah satu moda transportasi andalan Jakarta tak mau ketinggalan memberikan dukungannya. Direncanakan sebanyak 1.500 armada kan disiapkan untuk angkutan atlet dan jurnalis menuju venue-venue cabang olahraga.

Mengingat lokasi pemondokan atlet yang lumayan jauh dari venue pertandingan, sarana transportasi merupakan satu hal yang memberi andil besar untuk suksesnya perhelatan ini.

Armada TransJakarta juga disediakan untuk warga yang menghendaki hadir dan memberikan dukungan. Karena lokasi halte yang tidak semuanya terjangkau oleh warga, maka shuttle bus merupakan solusi yang dapat meminimalisir keinginan warga untuk hadir ke venue cabang olahra dengan kendaraan pribadi.


Bentuk Sosialisasi Asian Games 2018 pada Warga Jakarta

 

Persiapan infrastruktur dan lalu-lintas sudah, tapi apa artinya jika warga DKI tak mendapatkan sosialisasi yang sepadan. Untuk itu Asian Games 2018 terus digaungkan melalui berbagai event. Misalnya seperti  Fun Run towards the 18th Asian Games yang digelar di GBK pada 1 Juli 2018 yang lalu.

Selain itu tiga maskot Asian Games 2018, yaitu Bhin Bhin, Atung dan Kaka juga ikut serta mensosialisasikan event bergengsi ini. Baik dalam bentuk berinteraksi langsung dengan masyarakat, seperti saat Jakarta Fair 2018 yang lalu. Maupun dalam bentuk pemasangan replika ketiganya di beberapa tempat yang menjadi kunjungan warga.

Penampilan ketiga maskot yang begitu menggemaskan tentu saja selalu menarik perhatian siapapun untuk sekedar melihat lebih dekat atau menjadikannya latar belakang saat berniat mengambil swa foto. Saya pun tak melewatkan kesempatan untuk mengambil gambar bersama replika ketiganya saat singgah di daerah Monas. Tapi ternyata saya tak sendiri, puluhan pengunjung yang lain bahkan rela antri untuk mengambil gambar bersama ketiga maskot tersebut.



Dukung bersama asian games 2018
Replika Bhin-bhin, Atung dan kaka di pelataran Monas menjadi spot foto yang sangat dicari


Adapun cara-cara konvensional seperti pemasangan banner pelaksanaan dan dukungan untuk Asian Games 2018 juga masih terus dilakukan di berbagai institusi pemerintah dan swasta. Begitu pun halnya sosialisasi secara lisan melalui berbagai tingkatan struktur organisasi kemasyarakatan seperti Kelurahan, RW dan RT hingga Dasa Wisma.


Dukung bersama asian games 2018
Banner dukungan Asian Games 2018  terpasang hampir di setiap gedung bertingkat di Jakarta

Apapun bentuknya, baik itu melalui event, banner, maskot ataupun sosialisasi secara lisan, bentuk dukungan seperti ini saya rasa sangat efektif dan mampu menarik perhatian warga.


Dekorasi Asian Games 2018 Mewarnai Jakarta



Tak cukup melalui banner, billboard ataupun tayangan visual gambar bergerak dalam megatron di beberapa ruas jalan di Jakarta. Warna-warni dekorasi Asian Games 2018 telah mewabah di Jakarta. 

Salah satu sumber menyebutkan  kurang lebih 50 halte TransJakarta dihias untuk menggenjot promosi pesta olahraga ini. Begitu pula dengan armada bus-nya. Tak kurang dari 100 bus didekorasi dengan tema serupa.


Dukung bersama asian games 2018
www.damaraisyah.com

Commuter line sebagai moda transportasi yang telah menjadi primadona Jakarta juga tak mau ketinggalan. Beberapa gerbong KRL pun menampilkan warna dan gambar bertema dukungan untuk Asian Games 2018.  Tapi, kalau menurut saya pribadi, dekorasi bajaj lebih unik dibanding semuanya.


Dukung bersama asian games 2018
www.damaraisyah.com

Saya sangat bersyukur karena mendapatkan kesempatan untuk melihat dan merasakan langsung demam Asian Games tahun ini. Sebuah kesempatan yang langka dan belum tentu dapat saya ulangi kembali.

Jakarta punya gawe sehingga tidak setengah-setengah dalam menunjukkan dukungannya untuk event yang akan mengukir sejarah baru untuk bangsa ini. Sebagai warga Jakarta saya pun tak mau ketinggalan dan berniat ikut dukung Asian Games 2018. Salah satunya dengan ikut mempromosikan event ini melalui sosial media. Dan tentu saja dengan hadir dan  menonton langsung salah satu cabang olahraga favorit saya.

Kalau tidak sekarang, kapan lagi kita akan berkontribusi untuk negeri ini?

Dukung bersama asian games 2018
www.damaraisyah.com



Referensi
  • asiangames2018.id
  • tirto.id/asian-games-2018
  • jakarta.tribunnews.com
  • kompas.com
  • sport.detik.com



13 comments on "Jakarta Punya Gawe, Dukung Bersama Asian Games 2018"
  1. Harus didukung mbaaa...seluruh rakyat Indonesia harus mendukunng perhelatan kece ini. Kalau bukan kita siapa lagi. Thx for sharing, karena ternyata sosialisasi Asian Games juga kurang cetar, tidak seperti ketika saya masih kecil dulu.

    ReplyDelete
  2. Jakarta jadi semarak dong mbak? Tapi jadi tahu kemeriahan menyambut ASEAN GAMES 2018 di Jakarta lewat Blog ini mbak. Maklum saya di Lombok hehehe. Terima kasih infonya ya mbak.:)

    ReplyDelete
  3. Kok saya baru tahu yaa ada maskot Binbin, Atung, dan Kaka. Lucu...
    Btw...mbak Damar lari keliling stadion ga?...hehe...

    ReplyDelete
  4. Ayo dukung perhelatan olahraga ini, kapan lagi.

    Betewe saya galfok sama pasukan oranye, 1000 personil. Tidak main-main. Semoga Asian Games 2018 sukses.

    ReplyDelete
  5. Woooow ... mbak Damar keren euy. Gagal fokus saya liat foto-fotonya hahaha

    ReplyDelete
  6. Mari kita.dukung bersama Asian Games.2018, swmiga tiang bendera negara lain sudah diganti dg tiang yg lebih baik, bukan dr bambu ya..hehehe

    ReplyDelete
  7. Jakarta jadi beda karena sedang menyambut helatan Asian Games 2018 ini..
    Dan saya sebagai warganya pun enggak ketinggalan dong...sudah pilah pilih pesen tiket buat nonton pertandingannya..
    Semoga sukse acaranya:)

    ReplyDelete
  8. Wuaaahhh senangnya yang warga Jakarta, bisa nongtong langsung ASEAN GAMES 2018. Semoga sukses dan Indonesia jadi juwara! INDONESIA!!

    ReplyDelete
  9. Luengkap infonya, sip! Saya ikut mendukung dari Jatim ya, Mbak. Nonton Asian Games bisa jadi me time saya nanti. Oia, sore tadi kabarnya api obor melintas daerah saya, tapi saya gak liat karena lagi riweuh ma si kecil. Ini juga lagi ngumpulin pernak-perniknya. Maskotnya unyu2 emang :)

    ReplyDelete
  10. Beruntung Mbak Damar tinggal di Jakarta, bisa melihat langsung kemeriahan Asean Games 2018. Pasti seru, deh. Oh iya maskotnya juga lucu-lucu ya...

    ReplyDelete
  11. Wah, seru yaaa, kalau bisa ikut berpartisipasi, apalagi nonton langsung acaranya. Okay mbak, ditunggu liputan berikutnya yaaa 🤗🤗

    ReplyDelete
  12. Wah meski tidak merasakan ueforia secara langsung di Jakarta, tapi bangga Atung si Rusa Bawean yang asli Gresik jadi maskot asian games. Lucu ya poto maskotnya bertingkat gt

    ReplyDelete
  13. Ya ampuuuun bagus banget ulasannya, jadi tahu Jakarta juga berbenah menyambut Asian Games 😍 Thank youuu Mbak Damar

    Pengen ikuuut lihat lomba lari Mbak Damaarrr, kali menginspirasi Musa yang suka banget lari 😅😂😅

    ReplyDelete

Haluuu Teman-teman. Terima kasih sudah berkunjung ke Blognya BukNaj. Jangan lupa tinggal komentar, ya. Begitu longgar, BukNaj pasti berkunjung ke blog Teman-teman.
Selamat membaca
Semoga bermanfaat :)

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post Signature