Mojosemi Forest Park – Wisata Alam di Ujung Barat Kota Magetan

Mengunjungi tempat wisata dengan konsep alam sepertinya sedang menjadi  trend di tengah-tengah masyarakat. Tekanan tinggi di tempat kerja, terjebak dalam rutinitas harian, ritme hidup yang terlalu cepat dan masalah polusi sering kali dijadikan alasan bagi sebagian besar masyarakat urban untuk meninggalkan hiruk pikuk kota. Maka menepi ke daerah pantai, gunung atau pedesaan adalah destinasi traveling yang paling diminati kala mendapatkan cuti atau libur panjang saat hari raya dan akhir tahun tiba.
Sebagai penduduk dengan identitas diri warga ibukota. Saya dan suami pun merasakan tekanan yang sama seperti halnya masyarakat urban pada umumnya. Hal semacam itulah yang akhirnya membulatkan rencana kami untuk mengakhiri 2017 dan membuka 2018 dengan menyepi di kampung halaman.
Bersyukur, kami berdua memiliki kampung halaman yang sama. Magetan, sebuah kota kecil di kaki Gunung Lawu adalah tempat di mana kami selalu terpanggil untuk pulang. Tak sekedar untuk merasakan kembali aroma desa, atau menikmati hawa sejuknya. Tapi kali ini kami telah merencanakan mengunjungi salah satu destinasi wisata alam baru di Magetan.
Mojosemi Forest Park
Pintu masuk area wisata

Teman-teman mungkin sudah pernah mendengar tentang Mojosemi Forest Park. Wisata alam yang baru berusia satu tahun ini berlokasi di sebelah barat Telaga Sarangan. Tapi, meskipun baru berusia 1 tahun, Mojosemi Forest Park telah berhasil memenangi Juara Terbaik Ketiga Anugerah Wisata Jawa Timur Tahun 2017 untuk kategori Daya Tarik Wisata Alam. Wah, selamat ya. Semoga semakin maju dan terus bertambah fasilitasnya.

 

Mojosemi Forest Park
Mojosemi Forest Park mendapat penghargaan dari Pemprov Surabaya
Mojosemi Forest Park adalah wahana wisata alam yang memamerkan eksotisme hutan Mojosemi. Keaslian panorama hutan yang ditumbuhi vegetasi Pinus (Pinus sp), Puspa (Schima Wallichi),  Jamuju (Podocarpus Imbricartus), Ekaliptus (Eucalyptus sp) dan beberapa jenis lainnya. Membuat suasana di wahana wisata ini begitu teduh, asri dengan udara segar yang siap mengisi setiap rongga di paru-paru kita. Cocok untuk saya sekeluarga dan juga Temans yang sehari-hari harus bergelut dengan polusi dan pengap udara kota.
Selain menyuguhkan eksotisme hutan sebagai daya tarik utamanya. Mojosemi Forest Park juga menyiapkan aneka fasilitas untuk memanjakan pengunjungnya. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

FASILITAS DAN WAHANA PERMAINAN di MOJOSEMI FOREST PARK

1. GLAMOUR CAMPING DAN CAMPING GROUND
Mojosemi Forest Park
Salah satu Camping Ground yang disewakan
Bagi Teman-teman yang rindu dengan aktivitas camping yang sering dilakukan di kala muda. Di Mojosemi Forest Park kalian dapat merasakan kembali masa-masa tersebut. Berbekal tenda yang dapat di bawa sendiri atau menyewa dari pengelola. Pengunjung dapat menikmati tidur beratapkan langit dan beralaskan tanah. Teman-teman cukup menyewa Camping Ground di area wahana wisata Mojosemi Forest Park untuk mendirikan tenda dan merasakan kembali sensasi berpelukan langsung dengan alam.
Mojosemi Forest Park
Lawu Forest Camp, salah satu tipe Glamour Camping yang disewakan
Sedangkan untuk yang tidak terbiasa dengan camping biasa, atau menginap bersama anak kecil seperti saya dan keluarga. Maka Glamour Camping bisa jadi pilihannya. Beruntung pada awal tahun lalu saya sekeluarga berkesempatan mencicipi Lawu Forest Camp yang nyaman dan full fasilitas. Tapi untuk review lengkapnya Teman-teman harap sabar dulu. Karena saya akan tuliskan dalam blog post yang berbeda agar lebih mendetil nantinya. So, stay tune, ya.
2. WAHANA PERMAINAN
Untuk jenis-jenis permainan yang ditawarkan di Mojosemi Forest Park sendiri bersifat permainan tantangan, dan lebih cocok untuk remaja atau orang  dewasa. Ada Airsoft Zone, Paintball, Archery, ATV, High Rope, Sky Walk  dan Jeep Adventure. Kalau tidak salah hanya kuda tunggang yang bisa untuk anak-anak.
Area kuda tunggang
Kami pun akhirnya mencoba Archery dan ATV. Sedangkan Najib langsung minta naik kuda saat melihat ada barisan kuda tunggang yang siap disewa.  Pengunjung dapat menyewa kuda tunggang dengan biaya sebesar Rp.40.000,- untuk satu kali putaran.
WAHANA ATV ADVENTURE
Wahana selanjutnya adalah ATV Adventure. Untuk dapat merasakan keseruan track di wahana ATV Adventure, Teman-teman cukup membayar Rp.30.000,- / unit ATV untuk 2 kali putaran Sirkuit Track. Sedangkan untuk Jungle Track lebih mahal yaitu Rp80.000,- .Untuk Sirkuit Track sendiri bisa dibilang tidak terlalu jauh, sehingga 2 kali putaran pun rasanya masih kurang. Tracknya pun sebenarnya tidak terlalu ekstrim, tapi memang pada beberapa bagian sedikit licin karena pada waktu itu hujan baru saja reda sehingga tanahnya masih berlumpur. Hanya pada bagian akhir track saja sedikit berbelok dan menanjak. Teman-teman harus berhati-hati dan waspada pada bagian ini, karena meleset sedikit, atau jika kaki menyentuh tanah. maka ATV bisa oleng dan parahnya bisa tergelincir.
Mojosemi Forest Park
DuoNaj giranggg banget saat diajak naik ATV
Mojosemi Forest Park
Sambil nunggu anak-anak ATV adventure, BukNaj mejeng dulu, donk. 😛
WAHANA ARCHERY
Puas bermain ATV kami pun segera menuju wahana Archery. Sebenarnya kami memang mendapatkan free tiket masuk Mojosemi Forest Park (fyi HTM untuk pengunjung dewasa senilai Rp20,000,- sedangkan anak-anak Rp8.000,-). Selain free tiket masuk, kami juga mendapat voucher untuk 3 wahana permainan yang meliputi Archery, High Rope dan ATV. Voucher ini bisa didapat jika Teman-teman menginap di sana. Jadi all in dengan biaya penginapan.
Mojosemi Forest Park
Sebelum bermain sebaiknya dengarkan instruksi dulu ya
Nah, lanjut lagi ya. Untuk Teman-teman yang tidak menginap, kalian bisa mencoba wahana Archery ini dengan biaya Rp.30.000,- / 10 anak panah. Buat kalian yang sudah biasa bermain Archery, tentunya tidak terlalu sulit untuk memainkannya. Beda dengan saya yang baru sekali ini memanah, kecuali memanah hatimu. Eaaaa…
Ternyata busur panah itu berat sodara, saya pun nggak kuat menariknya padahal dari rumah sudah sarapan 2 piring. Akhirnya datanglah pangeran berbaju kotak-kotak membantu saya. Eaaa.. jadilah sok romantis si ibuk dan bapak, haha.
Nah, buat Teman-teman yang kepengen punya foto bak Rama dan Shinta, kalian harus coba wahana yang satu ini bersama pasangan.Hehe, kidding.
Mojosemi Forest Park
Pura-puranya nggak kuat, biar dibantuin suami. Kapan lagi bisa foto romantis kalau gak dipaksa gini 😉
Dari wahana ATV dan Archery, kami sengaja tidak mencoba High Rope karena sepertinya suami takut ketinggian. Sedangkan saya yang udah ngebet banget mau manjat-manjat sudah dilarang sama anak-anak. Ya sudah, BukNaj ikhlas nggak jadi eksis foto bergelantungan bak tarzan.
Baca lagi acara Edutrip ala DuoNaj
WAHANA HAMMOCK PINUS ZONE (JEEP ADVENTURE)  
Puas memanah sampai tangan saya pegal-pegal, kami pun menuju Jeep Adventure yang pastinya lebih menantang. Untuk pemula seperti kami, apalagi ditambah penumpang anak-anak bisa dibilang track yang dilalui lumayan mendebarkan. Terlebih saat itu banyak genangan air dan jalanannya pun  agak licin. Najwa sempat menangis ketakutan di track terakhir yang lumayan curam. Ya, wajar sih. Saya aja deg-degan. Tapi selebihnya kami semua happy karena bisa foto-foto di tengah hutan pinus yang menawan.
Oh ya, untuk track Jeep Adventure ini sebenarnya menembus hutan Pinus. Jadi di sepanjang jalan kita akan melalui deretan pohon Pinus yang tinggi menjulang. Jika beruntung, kita bisa bertemu dengan sekawanan Monyet atau Lutung. Syukurlah saat itu kami sempat bertemu seekor Lutung yang bergelantungan di salah satu dahan pohon. Hanya sayangnya kami tak sempat mengambil gambarnya.
Mojosemi Forest Park
Track Lawu Tour/Jeep Adventure semakin seru karena menembus Hutan Pinus
Jika Teman-teman berminat menembus hutan Pinus juga, maka kalian hanya perlu merogoh Rp.150.000,- untuk 1 unit mobil Jeep yang disewakan. Selain puas menikmati pemandangan hijau dan track yang memacu adrenalin. Kalian pemuja instagram pun bakalan puas dengan koleksi foto yang sangat instagramable, hehe.
Mojosemi Forest Park
Mobil kami sempat berhenti  untuk melihat Lutung yang bergelantungan di pohon.
Mojosemi Forest Park
Foto ala-ala PostWed, meskipun si Najwa udah nangis ketakutan, hehe..
Sebenarnya setelah beberapa wahana tadi masih ada Wahana High Rope, Wahana Paintball, Wahana Airsoft Sport Zone, Sky Walk, Wahana Selfie Deck dan air terjun. Sayangnya kami tak sempat mencoba yang lainnya karena sudah terlalu kelelahan. DuoNaj pun mulai rewel dan minta beristirahat. Jadilah kami segera menuju lobby untuk melakukan check-in dan beristirahat. Sekedar untuk gambaran saja, berikut saya tambahkan beberapa hasil jepretan untuk wahana yang tidak sempat dicoba.
Mojosemi Forest Park
Loket pembelian tiket dan wahana dan informasi
Mojosemi Forest Park
Papan harga tiket wahana yang terpampang di dekat loket pembelian dan informasi
Mojosemi Forest Park
Lokasi Wahana Airsoft Zone
 

Mojosemi Forest Park

Arena Sky Walk

3. PAKET OUTBOUND

Selain melayani pengunjung umum, Mojosemi Forest park juga meng-handle outbound yang dibagi dalam beberapa paket. Misalnya  Paket Program Outbond untuk Umum yang terbagi menjadi 3 kategori. Kategori rekreasional, educational dan development. Paket ini cocok untuk komunitas atau outbond karyawan, dengan kisaran biaya mulai Rp150.000,-/orang sampai dengan Rp.420.000,- tergantung durasi waktu dan kategori program yang dipilih.Selain itu ada juga Paket Outbound Khusus Pelajar  (SD s.d SMA) yang programnya dinamai Forest Breaking.

Untuk mengikuti paket ini dengan durasi sekitar 2 -3 jam peserta akan dikenakan biaya sebesar Rp.110.000,-/orang.Paket yang terakhir sepertinya paling menarik bagi saya. Nama p[aketnya Paket Outbound Camping Ground, yang juga dibagi menjadi 3 kategori seperti halnya paket outbound untuk umum. Dengan biaya antara Rp.350.000,- sampai dengan Rp.660.000,- t ergantung kategori yang diikuti dan hari yang dipilih. Peserta tidak hanya mendapatkan pengalaman bermalam di Camping Ground, tapi juga mendapatkan aneka simulasi fun game, mencoba beberapa wahana permainan dan seluruh fasilitas menginap termasuk acara api unggun.

Baca juga: Outing di sekolah Najwa

4. RESTORAN DAN COFFE CORNER
Mojosemi Forest Park
Eucalyptus Resto and Cafe

Nah, berikutnya yang sangat penting adalah makanan. Karena cuaca di Mojosemi sangat dingin, maka makanan ini jadi sangat penting untuk menjaga kewarasan kondisi perut tetap aman. Tapi Teman-teman nggak perlu khawatir, karena Mojosemi Forest Park menyediakan 2 restoran dan pujasera atau coffe corner yang tersebar di beberapa tempat.Eucalyptus Resto and Cafe adalah salah satu restoran yang menyediakan makanan dan minuman dengan konsep cafe. Sedangkan satu restoran lagi yang berlokasi sedikit jauh di area bawah,  bernama Warung Pojok lebih pada konsep family restoran. Untuk pujasera atau coffe corner biasanya menyediakan aneka minuman hangat, gorengan, roti bakar, jagung bakar dan mie instan.

 

Mojosemi Forest Park
Salah satu  Coffe Corner

Sayangnya saya sedikit kecewa karena menurut saya tidak ada makanan tradisional di sana. Mengusung konsep wisata alam, saya berharap ada restoran atau warung makan yang dapat memanjakan lidah saya dengan makanan ala pedesaan. Misalnya teh tubruk, kopi cangkir tradisional, ubi dan jagung rebus atau pecel pincuk yang menjadi kebanggaan Magetan. Semoga usul saya ini bisa jadi masukan  bagi pihak pengelola.Nah,  untuk yang sering khawatir dengan fasilitas toilet dan mushola, saya rasa Teman-teman bakalan tenang kali ini. Karena Mojosemi Forest park menyediakan satu mushola yang lumayan bersih dan cukup nyaman. Sedangkan toiletnya sangat banyak dan tersebar di berbagai area wisata. Area parkir juga sangat luas, sehingga tak perlu khawatir jika membawa kendaraan pribadi.

 

TRANSPORTASI MENUJU KE MOJOSEMI FOREST PARK

Untuk urusan transportasi memang paling mudah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Baik mobil ataupun kendaraan beroda dua. Tapi jika terpaksa harus menggunakan kendaraan umum, maka Teman-teman bisa menumpang angkutan umum arah Tawangmangu dari Sarangan.Atau jika datang dari arah Karanganyar, Teman-teman bisa mencari angkutan umum tujuan Tawangmangu.

Nah, dari Tawangmangu Teman-teman bisa menyambung dengan menumpang angkutan umum arah ke Sarangan. Sebenarnya relatif mudah menemukan lokasinya. Hanya saja angkutan umum sering tidak ada pada jam-jam tertentu.Secara keseluruhan kami menikmati panorama dan wahana yang sempat kami coba di Mojosemi Forest Park. Kalaupun ada yang kurang memuaskan seperti misalnya makanan, sifatnya hanya tambahan saja, bukan hal utama yang memikat kami untuk datang ke sini.

Sebagai orang Magetan asli saya sudah cukup bangga dengan inovasi dan pencapaian dari pihak pengelola Mojosemi Forest Park. Karena bagaimanapun juga dengan adanya wahana wisata baru pasti memberikan imbas bagi perekonomian masyarakat Magetan secara umum, terlebih bagi warga Mojosemi. Semoga semakin banyak generasi muda yang mau berbagi ide ataupun turun tangan secara langsung untuk membangun kota  tercinta ini.

 

ALAMAT DAN KONTAK MOJOSEMI FOREST PARK

Jika Teman-teman tertarik mengunjungi Mojosemi Forest Park juga. Langsung saja hubungi kontak yang tertera di bawah ini untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Mojosemi Forest Park
Denah lokasi Mojosemi Forest Park (doc. Mojosemi Forest Park)

 

Mojosemi Forest Park Jl. Raya Sarangan – Cemorosewu Km 5, Magetan- Jawa TimurPhone/WA : 0812-3219-4008Email: mojosemiforestpark@gmail.comreservationmfp@gmail.comwww.mojosemiforestpark.com

Clear ya? Jadi langsung saja ambil gadget kalian dan browsing atau hubungi kontak yang tertera untuk mendapatkan info yang lebih lengkap.Saya sih sebenarnya belum puas dan ingin mencoba beberapa wahana yang lain. Tapi liburan kemarin kami hanya punya waktu sehari semalam untuk bersantai di Mojosemi Forest Park. Lain kali kami akan kembali dan mencoba wahana yang lain.

Nah, buat kalian yang ingin mencicipi hawa sejuk kota Magetan yang masih alami. Saya sarankan main-mainlah ke sini. Selain bisa refreshing, saya jamin Teman-teman bakalan betah dengan dengan suasananya yang teduh dan tenang. Jadi, segera rencanakan kunjungan ke Mojosemi Forest Park ya, then have fun!😉😉😉

31 thoughts on “Mojosemi Forest Park – Wisata Alam di Ujung Barat Kota Magetan”

  1. Waaahh dulu sering lewat waktu masih tinggal di Madiun, nyesal belum sempat kesana sekarang ortu udah pindah ke Surabaya Mbak Damar. Keren tempatnya, foto-fotonya cantik banget, informatif banget

    Reply
  2. Wah keren, baru buka udah mendapat penghargaan. Tempatnya bagus sekali dan banyak aktifitas yang bermanfaat seperti memanah dan berkuda. Tertarik juga camping disini heheh

    Reply
  3. Iiih aku selalu iri klo lihat hasil fotonya. Ajariiiiiin… hihiiKayanya wisata macam gini, cocok klo anakku udah gedean. Sekarang masih ala koper dulu.

    Reply
  4. Waktu mudik lalu sudah nyaris ke sini. Tapi berhubung Ibu Mertua yang sudah 80 tahu tidak berkenan karena nggak mungkin ikutan camping dll..jadi kami batalkan ..Hiks. Tapi nexy mudik beneran harus dijabani ini. Komplit sekali ya..harga masih terjangkau lagi…. Keren!

    Reply
  5. Wahananya ekstrim-ekstrim ya mbak. Hehehe. Btw harga glamour campingnya koq ga dicantumin, pengen tau mbak.

    Reply
  6. Duh, datang ke tempat ini jadi benar-benar pengen liburan karena pemandangan alamnya benar-benar indah sekali mbaaa. Hijau deh dan menyenangkan mata. Untuk Glam Camp harga berapa per malam? Menungu postingan selanjutnya 🙂

    Reply

Leave a Comment