Parenting, Family Traveling, Woman Story

Kreasi Menu Sarapan Gizi Seimbang dengan Produk Olahan So Good

|

Menu piring gizi seimbang so good
www.damaraisyah.com


Menyiapkan menu sarapan merupakan rutinitas pagi yang paling menantang bagi saya. Selain harus dimasak dalam waktu singkat, saya pun harus memastikan kandungan gizinya seimbang dengan tampilan menggugah selera. 

Kebetulan, dua anak saya ini memiliki selera makan yang ajaib. Yang kecil sangat gampang, sampai-sampai makanan jenis apapun bisa dilahapnya. Sedangkan yang besar, justru lumayan picky eater. Selain pemilih, Najwa cenderung kurang berani mencoba-coba makanan baru. Sehingga agak susah ksaat diajak food hunter.

Selain taste yang harus familiar di lidahnya. Najwa cenderung sangat memilih makanan, terutama dari bau dan tampilannya. Itulah kenapa saya berusaha menyajikan makanan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisinya. Tapi juga kelihatan menarik, baik penyajian maupun variasinya.

Nah, kalau berbicara tentang menu makanan harian. Untuk kami sekeluarga, makan pagi alias sarapan  memang menjadi prioritas. Itu sebabnya saya usahakan selalu memasak untuk menu makan pagi ini, meskipun waktunya singkat.

Selain selera makan anak-anak yang sangat bagus pada saat sarapan. Aktivitas keduanya yang cenderung tinggi menuntut asupan yang cukup. Sehingga saya pun tak khawatir anak-anak memulai harinya dengan rasa malas atau lemas karena kurang asupan.



Asupan Lengkap dengan Patokan Menu Piring Gizi Seimbang


Dulu, saat saya masih dalam masa pertumbuhan. Ibu selalu  menyiapkan menu 4 sehat 5 sempurna untuk memenuhi asupan harian kami sekeluarga. Selain nasi putih hangat, sayur aneka warna dan berkuah, lauk yang berupa protein hewani atau nabati, serta buah selalu dihidangkannya. Meskipun sederhana, empat jenis makanan tersebut tak pernah absen dari meja makan kami. Sebagai pelengkap, tentu saja susu putih selalu kami konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Tapi kini, setelah saya menjadi orangtua. Patokan kebutuhan nutrisi tubuh ternyata tidak lagi menggunakan istilah 4 sehat 5 sempurna., melainkan  menu piring gizi seimbang.

Menu Seimbang merupakan  pengaturan menu yang terdiri dari berbagai jenis makanan dalam jumlah dan porsi yang sesuai untuk kebutuhan tubuh. Setiap orang pastinya memiliki kebutuhan gizi yang berbeda-beda, kan? Tergantung usia, jenis kelamin dan jenis aktivitas yang dilakukannya.


Menu piring gizi seimbang
Pict by website So Good

Misalnya, kebutuhan kalori pada orang dewasa berkisar antara 1700-2250 kalori. Nah, dalam aturan menu seimbang ini setiap orang bisa menyesuaikan sendiri kebutuhan gizi untuk pemeliharaan dan perbaikan sel-sel dalam proses kehidupannya. Selain itu, seluruh asupan seimbang ini sangat membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Mencegah terjadinya gangguan metabolisme dan menghindari terhadinya penimbunan energi yang berupa lemak dalam tubuh.

Idealnya, setiap hari  tubuh kita mendapatkan asupan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak dan air sebagai komponen nutrisi yang sangat dibutuhkan. Sedangkan berdasarkan anjuran dari Departemen Kesehatan RI, setidaknya setiap orang perlu mengonsumsi makanan yang beragam. Minimal mencakup 4 bahan makanan berikut ini.
  1. Karbohidrat sebanyak 35%, yang bisa didapatkan dari beras, jagung, kentang, gandum, sagu dan sumber karbohidrat lainnya.
  2. Protein sebanyak 15%, yang berasal dari sumber protein baik nabati maupun hewani seperti kacang-kacangan, tempe, tahu, ayam, ikan, daging dan produk olahan berbahan dasar protein hewani maupun nabati.
  3. Sayuran sebanyak 35% dan buah 15%. Keduanya sebagai sumber vitamin dan mineral.


Kreasi Menu Seimbang dengan Produk Olahan So Good


Menu piring gizi seimbang So Good
www.damaraisyah.com


Untuk menyajikan menu sarapan dengan gizi seimbang, lagi-lagi saya harus pandai menyiasati pengolahan lauk. Ya, lauk pauk merupakan bahan yang sangat dibutuhkan untuk memenuhi asupan gizi agar seimbang, yang biasanya berasal dari bahan makanan yang mengandung protein. BAik nabati maupun hewani.

Biasanya, saya selalu menyediakan ikan, daging, ayam, tempe atau tahu di lemari pendingin. Untuk ayam dan daging, saya biasa menyimpan dalam bentuk olahan setengah jadi, sehingga lebih mudah untuk menyajikan di pagi hari. Sedangkan tahu, tempe atau ikan biasanya selalu saya bumbui menjelang proses memasak dimulai.

Di samping bahan-bahan tersebut, khusus untuk bahan makanan lauk pauk saya juga menyediakan produk olahan dalam bentuk frozen food. Misalnya nugget ayam, produk olahan yang sangat disukai anak-anak. Sosis, bakso atau tempura. Nah, kali ini saya ingin berbagi kreasi nugget ayam yang merupakan salah satu andalan lauk pauk untuk sarapan.

Caranya sangat mudah, cepat dan dijamin anak-anak suka dengan tampilannya. Seperti apakah itu? Yuk, langsung saja, ya.


Menu piring gizi seimbang so good
www.damaraisyah.com



SATE NUGGET SAUS BARBEQUE

Bahan utama

1. Nugget Ayam Original merk So Good (secukupnya)
2. Minyak goreng ( secukupnya)
3. Brokoli ( 10 kuntum atau sesuai kebutuhan)
4. Wortel ( 1 biji atau sesuai kebutuhan)

Bahan Homemade Saus Barbeque

1. Bawang putih ( 3 siung)
2. Bawang bombay ( setengah biji)
3. Tomat segar (3 butir)
4. Mentega (secukupnya)
5. Kecap manis ( 2 sendok makan)
6. Kecap inggris ( 1 sendok makan, saya nggak pakai)
7. Gula palm (3 sendok teh)
8. Garam ( 1/2 sendok teh)
9. Merica ( 1/2 sendok teh)


Menu piring gizi seimbang so good
www.damaraisyah.com


Cara mengolah Saus Barbeque

1. Rendam tomat dalam air panas, kupas kulit luar, keluarkan isinya lalu blender hingga halus. Sisihkan.
2. Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan mentega hingga harum dan layu.
3. Masukkan tomat yang sudah diblender halus dalam tumisan bawang, aduk sebentar, biarkan mendidih.
4. Masukkan kecap manis, gula palm, merica dan garam. Aduk hingga saus menyusut.
5. Lakukan tes rasa. Jika sudah sesuai selera, angkat dan dinginkan.


Cara mengolah bahan utama

1. Panaskan minyak dengan api kecil.
2. Masukkan nugget ayam dalam wajan penggorengan. Tunggu hingga kuning dan renyah kemudian angkat dan tiriskan.
3. Rebus wortel dan brokoli secara bergantian. Usahakan sayuran tidak sampai kematangan sehingga teksturnya renyah dan nutrisinya tidak terbuang. Selain itu, sayuran yang terlalu lembek sangat susah untuk ditusuk.


Tips menggoreng nugget:

Untuk menggoreng nugget,  usahakan menuangkan minyak di wajan hingga seluruh permukaan nugget terendam.  Jangan lupa gunakan api kecil sehingga nugget matang sempurna namun tidak khawatir sampai gosong. Dengan cara ini, nugget yang dihasilkan tidak hanya matang, tapi juga renyah.

Cara menyajikan Sate Nugget Saus Barbeque

1. Tusukkan nugget, brokoli dan wortel menggunakan tusukan sate. Teman-teman bisa berkreasi sendiri baik untuk jenis, potongan sayurnya maupun urutan menyajikannya.
2. Sajikan di piring, siram dengan saus barbeque secukupnya.


Menu piring gizi seimbang so good
www.damaraisyah.com



Hm, mudah sekali, kan? Nah, Sate Nugget Saus Barbeque ini biasa saya hidangkan dengan nasi putih yang telah saya tambahkan biji-bijian saat menanaknya.  Tapi jika anak-anak sedang malas makan nasi, terkadang saya menggantinya dengan jagung rebus saja.


Menu piring gizi seimbang so good
Nasi, sate nugget yang sudah di-mix dengan sayur, buah segar dan air putih untuk menu piring gizi seimbang saat sarapan

Dalam satu olahan Sate Nugget Saus Barbeque ini saya sudah memasukkan sayur yang berupa brokoli dan wortel yang ditusuk bersama nugget, serta tomat yang menjadi bahan dasar sausnya. Sedangkan protein hewani didapat dari  Nugget Ayam So Good, dan protein nabati dari biji-bijian yang saya campurkan dalam nasi. 


Menu piring gizi seimbang so good
Jagung sebagai salah satu sumber karbohidrat bisa dijadikan alternatif pengganti nasi


Untuk melengkapinya agar sesuai dengan takaran menu piring gizi seimbang. Beberapa potong buah dan air putih tak lupa saya sediakan. Hanya saja kami sudah terbiasa menjadikan buah sebagai makanan pembuka. Sehingga kami mengonsumsinya sebelum menu utama.

Menu seperti ini sangat praktis, mudah, menarik dan yang pasti DuoNaj nggak bisa menolaknya. Selain untuk sarapan, variasi olahan So Good ini juga cocok dijadikan bekal ke sekolah. Anak-anak pasti seneng, dong, kalau dibawain bekal cantik seperti ini. Dan yang terpenting mereka pasti doyan, karena Najwa yang picky eater aja doyan banget, hehehe.


Mengapa menyajikan produk siap masak?


Menu piring gizi seimbang So Good
So Good Nugget siap masak (sogood.id)


Oh ya, mungkin teman-teman ada yang bertanya-tanya. BukNaj ini ibu rumah tangga, tapi kok bikin lauknya produk siap masak, ya? Apa karena BukNaj malas kali, ya? Hehehe... 

Betul banget, saya ini sebenarnya memang malas kalau urusan pekerjaan rumah tangga, terutama masak. Gimana ya, saya kurang ahli sama pekerjaan IRT yang satu ini. Masakan saya selalu standart-standart saja. Paling sayuran berkuah, tumis trus lauk. Udah gitu aja. Dan sebenarnya saya merasa bersyukur banget anak-anak suka Nugget Ayam So Good, karena sangat membantu pekerjaan ibunya. Tinggal goreng, angkat, tunggu agak dingin langsung "hap!", nggak perlu pakai drama atau rayuan.

So Good sendiri bagi saya adalah pilihan lauk siap masak yang berkualitas. Selain dibuat dari bahan pilihan, proses pengolahan dan pengemasannya sangat higienis. Rasanya enak dengan berbagai bentuk dan varian olahan menjadikannya produk yang bisa diandalkan untuk berbagai kreasi masakan. Harganya pun sangat ekonomis, praktis dan bagi kami yang terpenting produk ini bersertifikasi halal, Sehingga lebih nyaman dalam mengonsumsinya.


Menu piring gizi seimbang So Good
So Goos Ayam Potong siap olah (sogood.id)


Inovasi terus-menerus yang dilakukan pihak So Good tidak hanya karena ingin menjamin kepuasan konsumennya. Tapi So Good sebagai salah satu produsen bahan makanan terbesar di Indonesia, telah berkomitemen untuk ikut mendukung peralihan kebiasaan makan masyarakat. Yang biasanya cenderung karbohidrat minded ke arah protein minded demi pola hidup yang jauh lebih sehat dan seimbang.

Nah, udah kebayang, kan, bagaimana agar menu sarapan anak tetap enak, bergizi dan nggak repot menyiapkannya? Salah satunya ya dengan produk memilih produk So Good ini. Dan mulailah bermain-main dengan bahan-bahan lainnya sebagai pelengkapnya. 

Jadi, apa menu piring seimbang teman-teman hari ini?



Artikel ini diikutsertakan pada Lomba Blog Kreasi Menu Piring Gizi Seimbang So Good yang diselenggarakan So Good dengan Blogger Perempuan Network



28 comments on "Kreasi Menu Sarapan Gizi Seimbang dengan Produk Olahan So Good"
  1. Aduh ngiler deh lihat sate nudgetnya. Jangankan anak2, ibu2 macam saya juga udah tertarik ngelihat tampilannya. Heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe, ini namnay trik untuk menggoda anak. Heheheh

      Delete
  2. Wuaahhh...ternyata gampang ya bikin saus barbeque itu. Bisa dicoba di rumah nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Tambahinmerica hitam tambah endeus

      Delete
  3. Byuuh..itu sate nugget sungguh menggoda, apalagi ditambah saus barbeque nya..

    Dan, ternyata kita sama, untuk urusan memasak memang bukan tangannya #membeladiri hihihi. Meski demikian sebagai Ibu tetap inget dong dengan menu piring gizi seimbang..Cus, besok-besok nugget So Good nya mau saya bikin seperti ini aja ah:)

    ReplyDelete
  4. Kalau nuggetnya begitu, aku jadi pengen makan nugget terus..
    Dan sarapan pastinya semakin lahap ya, Mbak. Good Luck juga ya, Mbak..

    ReplyDelete
  5. Dapat referensi buat masakan lagi nih. Biasanya aku kalau goreng so good langsung dimakan, wkwk. Nanti mau praktik buat sausnya ah :D.

    ReplyDelete
  6. Aih, platingnya sukses bikin saya ngiler😊

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Katanya anak saya enak, gak tau kata anak2 lain, hehehe

      Delete
  8. Aiiish cakep banget fotonya! Ajariiiin, heee... btw, trims resepnya, kadang suka bingung punya so good mau diapain biar gak bosyen.

    ReplyDelete
  9. Apa? Mbak Damar kurang ahli memasak? Lah, itu buktinya, buat sate nuget + sayuran. Tampilannya menarik dan pastinya rasanya pun enak, ya, kan?

    ReplyDelete
  10. hi mba damar :)
    bikin ngiler foto makannya hehehe.
    keluargaku juga suka banget sama so good :)

    terima kasih sharingnya mba :)

    ReplyDelete
  11. So good memang paling simple dan praktis ya mbak. Baik itu so good siap olah atau siap masak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, gampang banget bikinnya. :)

      Delete
  12. so good memang praktis dan lezat ya mba, ngak perlu repot2 untuk nyiapinnya ;0

    ReplyDelete
  13. Lebih Baik So Good :) Wow, praktis banget ya semua produknya, juga halal dari MUI. Sangat memahami para mama saat mesti menyiapkan makan pagi, siang maupun malam. Aku suka ayam porong berbumbu kuning, nugget, sosis dll pokoknya doyan semua deh keluargaku :)

    ReplyDelete
  14. Resepnya lucu. pasti makan ny jadi semangat. hehee

    ReplyDelete
  15. Gizi seimbang emang penting banget untuk tubuh ya..
    Jadi harus pinter-pinter bikin kreasi menu biar ga bosen. heehee

    ReplyDelete
  16. Lucuuuu mbak! Anak-anak pasti suka kalau lauknya dikreasikan begini.

    ReplyDelete
  17. Mbak, bikin foto seperti di postingan ini gimana sih? Bagus-bagus semua soalnya.

    ReplyDelete

Haluuu Teman-teman. Terima kasih sudah berkunjung ke Blognya BukNaj. Jangan lupa tinggal komentar, ya. Begitu longgar, BukNaj pasti berkunjung ke blog Teman-teman.
Selamat membaca
Semoga bermanfaat :)

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post Signature