Parenting, Family Traveling, Woman Story

Belitung Timur dan Keberanian Merealisasikan Sebuah Impian

|
 Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu - Arai
4 Destinasi wisata di Belitung Timur
WWW.DAMARAISYAH.COM


Saya ingin ke Belitung! Ya, saya telah menyimpan keinginan tersebut sejak belasan tahun yang lalu. Sejak pertama kali merampungkan novel setebal 534 halaman karangan seorang putra Belitung. Siapa lagi orangnya  jika bukan Pak Cik Andrea Hirata.

Untaian kata dalam berlembar-lembar buku Laskar Pelangi kerap kali menerbangkan imajinasi saya hingga ke tanah melayu di Kepulauan Bangka Belitung ini. Tanah yang menurut Andrea telah menempa anak-anak Laskar Pelangi. Mengajarkan keberanian untuk bermimpi dan menyimpan harapan dalam relung hati mereka.

Sejak hari itu, saya ingin menjejak di kota Manggar di Belitung Timur, tempat di mana Laskar Pelangi dilahirkan.

Kota yang berbatasan langsung dengan Laut Natuna di sebelah utara, Laut Jawa di bagian selatan, Kecamatan Sijuk di sebelah barat dan Selat Karimata yang menghubungkan perairan Indonesia dengan Singapura pada bagian timurnya. 

Kota Manggar adalah ibukota dari Kabupaten Belitung Timur. Sebuah Kabupaten baru yang merupakan pemekaran dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Daerah yang dulunya sempat berjaya dengan pertambangan timahnya.


Pesona Belitung Timur 

 


Sebagai daerah pemekaran, Belitung Timur menyajikan pesona alam yang mampu menggoda siapapun untuk menjejak di tanahnya.  Saya pun telah jatuh cinta dan menyimpan keinginan untuk menyusuri pesona daerah ini suatu hari kelak.

Berawal dari penjelajahan imajinasi dalam sebuah buku bacaan. Kini tiba saatnya untuk lebih berani   merealisasikan mimpu-mimpi. Merencanakan perjalanan ke beberapa tempat di tanah Laskar Pelangi.


1. Museum Kata

 

4 Destinasi wisata di Belitung Timur
belitung.xplorenesia.co.id

 

Saya adalah pecinta kata, pembaca dan berharap menjadi perangkai kata. Keberadaan Museum Kata  seolah menjadi magnet tersendiri yang menarik saya untuk singgah dan mengetuk pintu depannya.

Museum Kata merupakan salah satu pesona yang ingin saya datangi di Belitung Timur kelak. Museum yang berdiri di bekas bangunan rumah masa kecil Andrea Hirata ini menyajikan beragam kata-kata inspiratif dan karya seni artistik buah karya sang penulis.

Baca juga: Resensi Sirkus Pohon, novel terbaru Andrea Hirata


Museum Kata Andrea Hirata merupakan museum sastra pertama dan satu-satunya di Indonesia. Maka wajib hukumnya bagi saya untuk mengunjungi tempat ini jika berkesempatan traveling ke sana. Selain dapat menghirup langsung aroma semangat dan harapan yang dihembuskan Andrea dalam setiap tulisan-tulisannya. Saya pun ingin  menapaktilasi perjalanan novel inspiratif kebanggan Belitung dan Indonesia ini.

Saya yakin tempat ini tak hanya menyimpan memori, tapi mampu memberikan suntikan motivasi, ilmu dan kecintaan baru pada dunia menulis dan karya sastra.

4 Destinasi wisata di Belitung Timur
Kupi Kuli, warung kopi di area Museum Kata Andrea Hirata. (Indonesiakaya.com)



2. Warung Kopi Manggar

 

4 Destinasi wisata di Belitung Timur
Belitung.tribunnews.com


Kalo kite pergi ke Manggar
Jangan lupak singgah dek pasar
Minum kupi sambil ngelakar
Mate ngantuk jadi segar
(travel.tempo.co)

Kurang lebih begini arti dari larik-larik lagu Melayu di atas

Kalau kita pergi ke Manggar
Jangan lupa singgah di pasar
Minum kopi sambil berkelakar
Mata ngantuk jadi segar

Puas memberi asupan otak dengan karya sastra dan inspirasi kata. Kini saatnya memanjakan perasa dengan secangkir kopi melayu yang terkenal di Belitung Timur. Maka, warung kopi adalah destinasi yang tempat untuk mengambil jeda.

Dalam setiap novel Andrea Hirata, kehidupan di warung kopi seolah menjadi ciri khas tersendiri dari daerah Belitung Timur. Ternyata, budaya minum kopi ini memang sudah mendarah daging bagi masyarakat setempat. Bahkan julukan Kota 1001 Warung Kopi telah melekat bagi Kota Manggar.

Belitung Timur memang bukan daerah penghasil kopi. Tapi budaya minum kopi di warung seolah tak bisa dipisahkan dengan detak kehidupan masyarakatnya. Warung kopi pun berderet di sepanjang jalanan di kota ini. Uniknya, setiap warung selalu ramai, suasananya hangat dengan pelanggan masing-masing.

Bagi saya yang gemar meminum kopi. Berkunjung ke Belitung Timur terasa kurang lengkap jika tidak singgah ke salah satu warung kopi di sana. Untuk itu Warung Kopi Manggar masuk dalam  place list yang tak boleh dilewatkan.


3. Replika SD Laskar Pelangi

 

4 Destinasi wisata di Belitung Timur
travel.kompas.com

 

Tak cukup menghirup aroma semangat dan harapan Laskar Pelangi di Museum Kata. Perlu rasanya untuk melihat langsung bangunan reyot yang telah melahirkan sosok Lintang yang memiliki kecerdasan Einstein.

Ya, Replika SD Laskar Pelangi adalah tempat yang tak bisa dipisahkan dari keberhasilan sebuah sistem pendidikan dalam menanamkan harapan baru bagi anak didiknya. Sosok Bu Mus dan Pak Harfan adalah dua orang yang dalam imajinasi saya selalu antusias menyambut murid-muridnya datang. Kemudian mengiring pulang dengan lambaian dan lantunan doa dalam hati mereka. Sosok pendidik yang tidak hanya memberikan pendidikan, tapi hati mereka bagi anak didiknya.

Replika SD Laskar Pelangi memang bukan bangunan SD Muhammadiyah yang asli. Tapi di situlah bekas bangunan tersebut pernah berdiri. Tempat paling megah bagi anak-anak Laskar Pelangi. Tempat yang akan mendidik saya tentang makna  pendidikan yang sebenar-benarnya.


4. Pantai Serdang



4 Destinasi wisata di Belitung Timur
belitung.tribunnews.com

Deretan pohon pinus yang melapisi garis pantai merupakan daya tarik tersendiri dari Pantai Serdang. Kalau biasanya kita bertemu pohon kelapa, di Pantai Serdang pohon pinuslah yang berjejer rapi dan memberikan suasana teduh bagi pengunjungnya.

Seperti halnya pantai lain di wilayah Belitung. Pantai Serdang juga menawarkan pasir pantainya yang putih dan lembut. Tapi soal berenang, sepertinya saya tak perlu mencobanya. Karena informasi yang saya terima ombaknya sangat besar sehingga kurang aman.

Setelah melewati hari dengan wisata museum dan bercengkerama dengan kearifan lokal di warung kopi khas Manggar. Pantai adalah destinasi yang tak boleh saya lewatkan dari seluruh detil yang saya rencanakan saat traveling ke Belitung.
Sebenarnya, ada satu tempat lagi yang ingin saya kunjungi ketika kesempatan berkunjung ke Belitung Timur itu tiba. Keriuhan dan suasana jual beli di Pasar Lipat Kajang adalah pesona yang tidak biasa. Panas, kotor, sesak seperti halnya pasar tradisional lain yang ada di Indonesia. Tapi kehidupan di pasar selalu menyenangkan untuk ditelusuri. Memberikan banyak inspirasi untuk ditulis.

Merealisasikan Impian ke Belitung Timur 

 

Selain mengantongi beberapa rencana tempat tujuan wisata dan aktivitas yang akan saya lakukan di sana. Masalah bujet adalah faktor terpenting yang harus saya rencanakan dengan matang. Apalagi untuk saat ini mustahil rasanya bagi saya untuk melakukan single traveling. Maka bujet pun harus saya siapkan dengan perhitungan family traveling. Begitu pula dengan segala persiapan melakukan perjalanan jauh dengan anak.
Urusan uang saku, mungkin bisa ditekan sedemikian rupa. Mengingat saya dan keluarga bukan penghobi belanja di tempat wisata. Tapi akomodasi perjalanan yang meliputi tiket pesawat, biaya sewa mobil untuk melakukan perjalanan darat, kamar hotel dan biaya makan selama berada di tempat wisata perlu saya perhitungkan dengan seksama.

Bagaimana agar sebisa mungkin rencana traveling ke Belitung Timur tetap nyaman, tapi tak sampai membuat rekening kebobolan. Apalagi anak bungsu saya masih balita. Yang besar pun baru bulan lalu menginjak usia 7 tahun. Belum cocok rasanya jika harus diajak backpacker-an. Untuk itu traveling gaya koper dengan otak ransel menjadi pilihan saya dan keluarga.


Skyscanner Memudahkan Rencana Perjalanan Saya 

 

Untungnya saat ini urusan Tiket Pesawat ke Belitung sudah semakin mudah. Dengan aplikasi situs pencarian perjalanan seperti Skyscanner. Dalam beberapa kali klik saja, maka puluhan maskapai dan rute perjalanan baik dalam maupun luar negeri akan terpampang di layar gadget kita. Lengkap dengan jadwal dan harga yang ditawarkan.

Hal ini sangat memudahkan bagi konsumen seperti saya. Karena tak perlu membuka website dari berbagai maskapai untuk melakukan perbandingan harga. Praktis, efektif dan sangat efisien.

Selain itu urusan hunting tiket promo pun jadi lebih mudah. Misalnya saat saya sedang mencari Tiket Pesawat Garuda untuk destinasi Jakarta-Belitung.  Maka saya bisa langsung mendapatkan informasi berbagai harga tiket penerbangan dari maskapai kebanggaan Indonesia ini. Lengkap dengan info harga dan promo yang sedang berlaku. Saya pun bisa dengan mudah menyesuaikan tanggal keberangkatan yang sesuai dengan bujet perjalanan kami sekeluarga.

Tidak hanya itu, Skyscanner juga menyediakan informasi untuk hotel dan penginapan serta persewaan mobil untuk mempermudah perjalanan darat. Kebetulan untuk mencapai destinasi wisata di wilayah Belitung Timur tadi,  calon pengunjung harus melanjutkan perjalanan darat selama kurang lebih satu jam dari Bandara H.A.S Hanadjoedin di Tanjung Pandan.

Daripada repot-repot mencari persewaan mobil ketika sampai di Tanjung Pandan. Saya pun berencana menggunakan fasilitas persewaan mobil dari Skyscanner ini. Selain memudahkan perjalanan, saya pun dapat memperhitungkan bujetnya dari awal. Sangat membantu, bukan?
 
4 Destinasi wisata di Belitung Timur

Sebagai situs pencari perjalanan yang sudah berpengalaman, Skyscanner sangat membantu saya dan jutaan traveler lainnya untuk merealisasikan impiannya mengunjungi tempat-tempat terbaik baik di dalam maupun luar negeri. Karena Skyscanner tersebar di seluruh dunia, sehingga dapat memberikan pelayanan dan penawaran terbaik ke berbagai negara.

Saya rasa, impian untuk menjadi family traveler semakin dekat dengan segala kemudahan dan penawaran menarik dari Skyscanner. Untuk saat ini yang harus saya lakukan adalah lebih pandai me-manage keuangan sehingga alokasi dana untuk traveling selalu tersedia. 

Selain itu, saya akan mengajarkan pada anak-anak untuk lebih berani bermimpi tentang tempat-tempat yang ingin dikunjunginya. Karena sejatinya traveling tak hanya memberikan manfaat untuk tumbuh kembangnya. Tapi juga tentang keberanian untuk mewujudkan cita-cita, menyatakan impian dan meluaskan pandangan dan cara berpikir kita.

Jadi, adakah impian teman-teman yang masih tertunda hingga hari ini?




Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner



17 comments on "Belitung Timur dan Keberanian Merealisasikan Sebuah Impian"
  1. Hohoho..Negeri Laskar Pelagi bikin saya pun mupeng sekali...!
    Yang saya bayangkan adalah gedung SD tempat mereka sekolah, bekas tambang timah..dan tentu saja Museum Katanya :)
    Semoga nanti Mbak Damar bisa kesampaian ke sana ya..Begitu juga saya :) Aamiin!

    ReplyDelete
  2. wah, selama ini masih bisa mupeng tiap liat dan dengar ttg belitung. semoga suatu saat bisa ke situ :)

    ReplyDelete
  3. Saya belom kesampaian napak tilas ke berbagai setting di buku Laskar Pelangi mbak huhu semoga lain kali bisa balik sana aamiin :)

    ReplyDelete
  4. Aaaah.. negeri laskar pelangi ini mmg sangat layak dijadikan destinasi wisata impian. Aku udah masukin ke wish list nih mbak, smg tercapai suatu saat nanti.

    ReplyDelete
  5. Saya pernah wisata ke sana tp blm sampe ke musium & warung kupi itu...mupeng nih...

    ReplyDelete
  6. Belitung itu menyenangkan banget! Pantainya aseli keren, air lautnya ngga bikin gatel, pasirnya putih dan bikin betah ngga mau pulang... trus yg paling utama harga tiketnya ngga terlalu mahal jadi bisa ajak keluarga rame2 ke Belitung. Pengen lagi ke Belitung karena dulu blm sempat ke museum kata & kampung ahok :D

    ReplyDelete
  7. Wiiìi... marai kepingin pelesiran jugak mba Damarrr... semoga mimpinya jadi nyata yak!

    ReplyDelete
  8. Saya juga baru ngeh tentang Belitung setelah baca Laskar Pelangi. Duh, siapa yang gak pengen ke sana jadinya, ya?
    Quote tentang perjalanan bersama anak2 bener banget tuh. Semoga mimpi BukNaj ke sana segera terealisasi. Sukses tuk lombanya ^_^

    ReplyDelete
  9. Stop mba , cerita mba bikin kaki gatel ...
    Belitung oh Belitung ,

    Bikin siapa aja kangeen hihihi

    ReplyDelete
  10. Negeri Laskar Pelangi ini memang keren banget, semoga bisa pergi kesana suatu saat ^_^

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah ke Belitung semoga suatu saat bisa ke sana. Amin.

    ReplyDelete
  12. Pengen sekali main ke Belitung, karena dulu nonton Laskar Pelangi. Smeoga suatu saat bisa ke sana bersama keluarga.
    Terima kasih sudah sharing mba :)

    ReplyDelete
  13. Sebagai penimbun buku, sudah menjadi keinginan dari lubuk hati mendalam untuk mendatangi museum kata di Belitung ini. Tapi sayangnya belum kesampaian juga.

    ReplyDelete
  14. Pengen ke replika SD laskar pelangi suatu hari nanti pokoknya. Walaupun bukan yang aslinya tapi gapapalah ya.

    ReplyDelete
  15. Belitung, sebuah tempat yang memang aku impikan. Konon katanya, pantai di sana juga sangat indah.. Hmm.. jadi semakin pengen ke sana. Terus itu, yang replika laskar pelangi, penasaran banget..

    ReplyDelete
  16. impian saya yang tertunda, pengen jalan-jalan ke Papua :D

    ReplyDelete

Haluuu Teman-teman. Terima kasih sudah berkunjung ke Blognya BukNaj. Jangan lupa tinggal komentar, ya. Begitu longgar, BukNaj pasti berkunjung ke blog Teman-teman.
Selamat membaca
Semoga bermanfaat :)

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post Signature